Sejarah Smiley atau Emoticon

     Kehadiran smitey/emoticon yang tepat dapat membantu pembaca blog untuk mengekspresikan perasaan pada komentar yang mereka tulis dengan lebih menarik. Begitupun untuk penggunaan pesan e-mail, chat, forum, situs jejaring sosial dan layanan lainnya. Pembaca yang lain juga menjadi mudah untuk menangkap emosi penulis, mencegah kesalah pahaman yang sering terjadi saat si penulis ingin membuat joke (candaan) tapi disalah artikan sebagai penghinaan oleh pembaca yang lain.
     Untuk itulah pada 19 September 1982 Scott Fahlman (Professor Ilmu Komputer di Univ. Carnegie Mellon) pada bboard (bulletin boards) CMU CS membuat pesan dengan rangkaian karakter yang menunjukkan sebuah ekspresi, sehingga tanggal tersebut menjadi awal kelahiran smiley di dunia maya. Smiley yang pertama kali hanya berupa rangkaian karakter ASCII seperti ini, :-) . Karena bentuknya jika dilihat dengan memiringkan kepala ke kin terlihat seperti wajah yang sedang tersenyum, maka disebutlah sebagai smiley/smilie.
     Setelah sekian lama tidak diketahui khalayaknya, akhirnya pesan bersejarah tersebut berhasil ditemukan oleh Jeff Baird dkk pada 10 September 2002 dari tempat backup berupa pita penyimpanan spice vax (cmu-750x) yang pernah digunakan pada antar tahun 1981-1983. Berikut ini petikannya.
19-Sep-82 11:44              Scott E Fahlman            :-)
From: Scott E Fahlman (Fahlman  at   Cmu-20c)
I propose that the following character sequence for joke markers:
:-)
Read it sideways. Actually, it is probably more economical to mark things that are NOT jokes, given current trends. For this, use
:-(

     Hanya dalam hitungan bulan penggunaannya telah menyebar melalui ARPANET (internet pertama kali) dan Usenet. Berbagai variasi karakter pembentuk smiley mulai berkembang dan dibuat oleh Scott dkk.
Untuk melihat keseluruhan pesan di atas, Anda bisa membaca thread "joke" di bboard (http:// research.microsoft.com/~mbj/Smiley/Joke_Thread.html) yang memicu penggunaan smiley untuk yang pertama kalinya, atau bisa juga melihat seluruh isi dari bboard bulan Oktober 1982 yang berhasil di-restore dari pita penyimpanan spice vax pada link http://research.microsoft.com/~mbj/Smiley/ BBoard_Contents.html. Baca juga kesaksian dari Scott Fahlman mengenai smiley pada halaman situsnya (http://www.cs.cmu.edu/~sef/sefSmiley.htm).
     Penggunaan smiley ini sudah menyebar luas pada tahun 80-an dan menjadi budaya sosial di dunia maya. Dan sampai saat ini masih banyak dipakai, tapi dengan wujud yang berbeda-beda dan ekspresi yang semakin beraneka ragam. Bentuk smiley dari rangkaian teks sekarang banyak yang diganti dengan gambar kecil/icon, dari situlah muncul sebutan baru, yaitu emoticon (emotion icon).
     Tapi, icon berbentuk bulat kuning biasanya tetap disebut sebagai smiley, lalu alternatif untuk lebih cepat menampilkan emoticon digunakan juga rangkaian karakter pembentuk smiley layaknya shortcut. Rangkaian karakter pembentuik smiley ini juga termasuk dalam karya seni ASCII.

Sumber : www.udaramaya.com. Diakses pada 25 Februari 2009. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar